Rabu, 28 Oktober 2009

Eugene Kaspersky Mengawali Bisnis Dari Mengoleksi Virus

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.


Virus yang tidak lain adalah program software perusak ini ternyata tidak kalah eksotis untuk dikoleksi Eugene Kaspersky, Chief Executive Officer Kasperksy Lab, seperti halnya kupu-kupu.

Koleksi pertama Eugene adalah virus Cascade yang ditemukannya pada 1989 yang kemudian mendorongnya untuk menekuni hobi menganalisis virus, mengembangkan modul-modul disinfeksi virus serta mengembangkan utilitas sejenis.

"Untuk itu saya mengimbau siapa pun untuk mengirimkan atau memberitahukan kepada kami jika mencurigai atau menemu-kan virus yang tidak dikenali, analis kami siap membantu," ujarnya dalam lawatannya ke Jakarta, baru-baru ini.

Dalam perkembangannya koleksi virus tersebut membuat Kaspersky memiliki database antivirus yang dikenal sebagai yang terlengkap di dunia. Saat ini database itu memiliki 1,3 juta catatan.

"Database kami begitu besar, ribuan virus [malware] kami koleksi setiap hari dalam bobot gigabyte-terrabyte data," tuturnya.

Bagi Eugene, virus tidak mengenal wilayah. "Tidak ada yang disebut dengan virus lokal, tidak ada bedanya, karena virus dapat dibuat di mana saja, ini karena Internet tidak mengenal batas-batas wilayah, demikian juga Windows base," tuturnya.

Dia lalu memberi contoh sebelum Internet lahir, virus menular hanya melalui penggunaan floppy disk.

Pada dasarnya, kami membuat antivirus dalam produk yang sama untuk membersihkan komputer dari serangan virus dari Internet. Virus yang terlalu kompleks dan tidak dapat ditangani antivirus kami membuat peranti agen khusus.

Nah jangan-jangan Anda secara tak sengaja mengoleksi virus di dalam komputer Anda. Semoga saja tidak.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More