Selasa, 27 Oktober 2009

Pertumbuhan Pengguna Netbook Perketat Keamanan Browser

COLORADO - Umumnya, penggunaan netbook sepenuhnya berfokus pada web browser. Hal ini menyebabkan netbook menjadi sasaran empuk serangan hacker. Itu sebabnya, pertambahan jumlah pengguna netbook di seluruh dunia harus pula diimbangi oleh tingkat keamanan browser yang lebih ketat.

Kepala Bidang Teknologi firma keamanan internet Webroot, Gerhard Eschelbeck mengklaim, seiring dengan semakin seringnya web menjadi jembatan untuk melancarkan serangan ke komputer, maka tak heran ancaman serangan pun mengintai para pengguna komputer setiap harinya.

Eschelbeck kemudian menuturkan, penggunaan netbook sebagai salah satu jenis komputer kini kian marak, dan tren ini akan terus berkembang ke depannya. Karena penggunaan netbook sering mengandalkan browser, maka tak ayal netbook rentan diintai serangan virus komputer.

"Kini, semua perangkat komputer menjadi target utama para hacker termasuk netbook. Untuk mengantisipasinya, maka tingkat keamanan browser harus ditingkatkan. Himbauan ini berlaku tak hanya bagi browser Microsoft saja, namun untuk semua browser. Kita perlu melihat hal ini dari perspektif industri," kata Eschelbeck seperti dikutip dari Secure Computing, Senin (26/10/2009).

"Saat ini rata-rata pengguna komputer membutuhkan browser, email client dan Office. Tentunya, browser akan lebih sering digunakan. Sementara itu, netbook merupakan komputer dalam versi mungil yang sebagian besar aktivitasnya bergantung pada browser," tambahnya.

Eschelbeck juga menyebutkan, hal ini tidak hanya menjadi tugas para pengguna netbook atau komputer jenis lainnya untuk waspada terhadap serangan. Para vendor dan pengembang browser pun harus membantu dari sisi teknologi untuk menangkal serangan tersebut. (rah)


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More