Kamis, 21 April 2011

Cegah Pencurian, Semua Candi Akan Dipasang CCTV


Pemerintah Jawa Tengah menanggapi serius pencurian arca yang dijual kepada kolektor asing. Mereka pun berencana memasang closed circuit television atau CCTV pada candi-candi bersejarah.
Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Pelestarian dan Pemanfaatan BP3 Jawa Tengah, Gutomo (53), saat dihubungi Okezone, Kamis, (21/4/2011).
“Untuk mengatasi permasalahan pencurian arca ini, ke depannya kami akan memasang CCTV terutama candi-candi yang penting,” katanya.
Mereka juga akan meningkatkan penjagaan dengan menggunakan satpam, peninjauan langsung ke lapangan, pembinanan langsung kepada satpam, dan menambah penerangan pada candi-candi yang mempunyai nilai sejarah tinggi.
Gutomo mengatakan selama ini banyak arca dari beberapa candi seperti Plason Utara, Cetok, Bima Dieng, dan lain-lain banyak diperjualbelikan kepada kolektor.
“Banyak para pencurian candi itu menjual hasil curiannya kepada kolektor asing. Seperti pada tahun 80 an  Candi Cetok karang anyar yang candinya hilang diperjualbelikan ke kolektor di Singapura,” ungkap Gutomo.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More