Senin, 11 April 2011

Pesona Liburan ke Provinsi Banten


PROVINSI Banten dikenal dengan segudang tempat wisata. Dari wisata yang bersifat religi hingga wisata alam. Mayoritas tempat wisata Banten adalah wisata laut, karena bersentuhan langsung dengan selat sunda.

Provinsi ini dulunya merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat, namun dipisahkan sejak tahun 2000 dengan keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000. Pusat pemerintahannya berada di Kota Serang.

Wilayah laut Banten merupakan salah satu jalur laut potensial, Selat Sunda merupakan salah satu jalur lalu lintas laut yang strategis karena dapat dilalui kapal besar yang menghubungkan Australia dan Selandia Baru dengan kawasan Asia Tenggara misalnya Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Di samping itu Banten merupakan jalur penghubung antara Jawa dan Sumatera. Bila dikaitkan posisi geografis dan pemerintahan maka wilayah Banten terutama Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang merupakan wilayah penyangga bagi Jakarta. Secara ekonomi wilayah Banten memiliki banyak industri.

Wilayah Provinsi Banten juga memiliki beberapa pelabuhan laut yang dikembangkan sebagai antisipasi untuk menampung kelebihan kapasitas dari pelabuhan laut di Jakarta dan ditujukan untuk menjadi pelabuhan alternatif selain Singapura.

Selain itu Banten juga mempunyai tempat terindah. Nah Ini tempat yang anda harus sambangi:

Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon terletak di bagian paling barat Pulau Jawa, Indonesia. Kawasan Taman nasional ini juga memasukan wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil disekitarnya seperti Pulau Handeuleum dan Pulau Peucang. Taman ini mempunyai luas sekitar 1,206 km² (443 km² diantaranya adalah laut), yang dimulai dari tanjung Ujung Kulon sampai dengan Samudera Hindia.

Taman Nasional ini menjadi Taman Nasional pertama yang diresmikan di Indonesia, dan juga sudah diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1992, karena wilayahnya mencakupi hutan lindung yang sangat luas. Sampai saat ini kurang lebih 50 sampai dengan 60 badak hidup di habitat ini.

Pada awalnya Ujung Kulon adalah daerah pertanian pada beberapa masa sampai akhirnya hancur lebur dan habis seluruh penduduknya ketika Gunung Krakatau meletus pada tanggal 27 Agustus 1883 yang akhirnya mengubahnya kawasan ini kembali menjadi hutan.

Pantai Tanjung LesungTaman Pantai Tanjung Lesung, memiliki panorama pantai yang alami dan indah berpasir putih serta karang yang unik. Suasana dan kondisi kawasan wisata andalan Kabupaten Pandeglang ini cocok kegiatan olahraga air (snorkling, diving dan jetsky).

Terletak di sebelah Barat wilayah Pandeglang. Kondisi air tenang dan jernih. Di bagian utara dari tanjung merupakan daerah perbukitan yang tidak begitu curam. Disini terdapat bagian laut yang menjorok ke pantai dan membentuk lagoon, bagian air laut membentuk seperti danau seluas 12 ha dan kedalaman sampai 5 meter dengan kondisi air yang tenang.

Taman Wisata Alam Pulau SangiangMengunjungi Taman Wisata Alam Pulau Sangiang ibarat pepatah “sekali mendayung perahu, dua tiga pulau terlampaui”. Kawasan yang dikenal dengan julukan Seven Wonders of Banten (Tujuh Keajaiban Banten) ini memadukan wisata alam, wisata sejarah, dan wisata ilmiah. Sehingga, selain sebagai tempat wisata yang menarik, kawasan ini juga menjadi lahan subur untuk penelitian dan pengembangan kekayaan hayati bagi ilmuan, mahasiswa, pelajar, dan bahkan masyarakat umum.

Sebelumnya, Pulau Sangiang merupakan Kawasan Cagar Alam berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor 112/Kpts-II/1985 pada tanggal 23 Mei 1985 dengan luas areal sekitar 700,35 hektar. Namun, mengingat letak geografisnya yang strategis dan kekayaan hayatinya yang melimpah, pemerintah pusat kemudian menetapkannya sebagai Taman Wisata Alam Pulau Sangiang berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor 698/Kpts-II/93 pada tanggal 12 Oktober 1993. Kawasan yang memiliki luas sekitar 1.420,35 hektar ini, terdiri dari dataran seluas 700,35 hektar dan taman laut seluas 720 hektar.

Pantai AnyerAnyer adalah sebuah kota pantai di Banten. Ia terletak di Anyer, 38 km dari Kota Serang. Pantainya menghadap ke Barat, sehingga kita dapat melihat pemandangan Gunung. Rakata (sisa / anak Gunung. Krakatau yang meledak pada tahun 1833) dan matahari terbenam. Pemandangan laut yang indah dengan segala kegiatan seperti Jet Ski, Speed Boat, Para Sailing dan olahraga air lainnya, jenis kegiatan tersebut dapat ditemukan di sini, serta melihat matahari terbenam dari pantai dan mercusuar tua di Cikoneng.

Pantai anyer memiliki banyak pesona unik. Pasir putih memukau banyak wisatawan. Mereka begitu murni, kita bisa merasakan kelembutan pasir. Laut biru yang menarik banyak penyelam di seluruh dunia karena berbagai kehidupan laut begitu benar-benar sempurna. Angin laut dapat membuat pengunjung refreshing, menghilangkan stres. Dan yang terakhir pesona yang dapat membuat pantai Anyer sebagai tempat yang paling favorit untuk dikunjungi adalah pemandangan Gunung Krakatau yang legendaris dan mercusuar yang sarat nilai historis.

Pantai Sawarna BayahSawarna merupakan salah satu desa di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. Panorama keindahan alam desa ini cukup menawan. Objek wisata di desa ini sering dikunjungi oleh para wisatawan dari mancanegara.

Keindahan Pantai Tanjung Layar, Pasir Putih dan pantai lainnya yang menjadikan Desa Sawarna mendapat sebutan sebagai Desa Wisata. Untuk berkunjumg ke desa ini bisa ditempuh dari Rangkasbitung, Kabupaten Lebak ke arah Malimping, Bayah sampai Pantai Pulomanuk yang jaraknya kurang lebih 126 Km.

Jalan raya menuju tempat wisata ini sudah memadai, beraspal hotmix mulus. Keindahan semakin terasa seiring dengan sajian pemandangan alam pantai di sepanjang jalan mulai dari Malimping hingga Sawarna.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More