Rabu, 27 April 2011

Menjelajah Banjarmasin Bersama Terry Putri


PENJELAJAHAN Indonesia Exploride sudah sampai di Kalimantan Selatan, Banjarmasin. Kali ini, acara yang berkonsep menjelajahi Tanah Air untuk mengungkap wisatanya ini ditemani artis cantik Terry Putri.
Program berkonsep menjelajahi Indonesia lewat  petualangan yang dilakukan Wulung Damardoto (Ungki), seorang bikers dan sahabatnya Aditya Birawa (Ditto), kameramen, dan fotografer. Nah, hasil perjalanan keduanya berkeliling Tanah Air bakal direkam dan didokumentasikan oleh tim melalui video, foto, dan jurnal Wulung beserta rombongan tiba di Kota Banjarmasin pada 23 April.
Pada kesempatan ini, tim Indonesia Exploride berpetualang Banjarmasin, setelah dari Lampung, Palembang, Bangka Belitung, Pekanbaru, Batam, Medan, Nias, Padang, dan aceh. Di sini, dua sahabat ini mengunjungi warung atau tempat makanan dan Sepanjang perjalanan ditemui alam yang masih alami dan terjaga keasriannya di Banjarmasin. Dalam kunjungan ke Banjarmasin, artis asal Provinsi Banjarmasin, Terry Putri ikut terlibat.
Terry Putri bersama dengan dua sahabat ini, Ungki dan Dito mencoba Soto Banjar dan ikan Saluang goreng yang sangat terkenal dari kota Banjarmasin.

Selain itu, Terry Putri bersama dengan dua sahabat ini mendatangi tempat salah satu warisan khas Banjarmasin adalah kain Sasirangan. Sasirangan adalah kain adat suku Banjar di Kalimantan Selatan, yang dibuat dengan teknik tusuk jelujur kemudian diikat tali rafia dan selanjutnya dicelup. Beberapa motif sasirangan ini adalah Iris Pudak, Kambang Raja, Bayam Raja, Kulit Kurikit, Ombak Sinapur Karang, dan masih banyak motif lainnya.

"Program ini semoga dapat menjadi inspirasi bagi kita dan juga Indonesia, bahwa mencintai budaya dan kekhasan daerah adalah harta yang tak ternilai harganya. Apapun bentuknya kebudayaan asli Indonesia menjadi ciri kita. Untuk itu kita harus menjaganya dan mencintai kelestarian budaya kita dan juga mengembangkan kuliner kita," kata Wulung dalam rilisnya yang diterima Okezone, Senin (23/4/2011).

Namun sayang, petualangan mereka di Banjarmasin kali ini hanya satu hari. Dalam Indonesia Exploride, mereka harus melanjutkan perjalanannya ke daerah lainnya dengan jarak tempuh sekitar 18.000 KM atau 279 point menggunakan sepeda motor. Memang, perjalanan yang melelahkan dan penuh tantangan. Namun menurutnya Indonesia Exploride salah satu tugas untuk mempromosikan wisata dan budaya daerah.

"Ke depannya mempromosikan daerah dengan menggunakan sepeda motor. Di negara lain sudah banyak dilakukan. Ini bukan karena saya seorang rider. Tetapi lebih kepada mempromosikan daerah-daerah yang ada di Indonesia," ungkapnya.

Sebagai artis ibu kota asal Banjarmasin yang tak lupa dengan kampung halamannya, Terry Putri  mengatakan, Banjarmasin memang memiliki ciri khas tersendiri. Bahkan, makanannya pun memiliki keunikan yang tidak kalah menariknya dengan daerah di Indonesia lainnya.

“Saya sangat antusias bernostalgia bersama tim Indonesia Exploride untuk menjelajah kota kelahiran saya,” ungkapnya artis berparas cantik ini.

Dengan demikian akan mempromosikan budaya Banjarmasin, makanan khasnya dan kerajinan tangannya.

"Acara ini sangat bagus. Bisa mempromosikan daerah kita. Dengan acara ini masyarakat dari daerah lain jadi tertarik untuk datang ke sini," tutupnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More