Jumat, 08 April 2011

Pantai Kuta Masih Diwarnai Tumpukan Sampah


Meskipun pembersihan sudah dilakukan, tumpukan sampah plastik dan organik masih tampak terlihat di Pantai Kuta.

Berdasar pantauan Okezone, tumpukan sampah masih tersebar di sepanjang pantai berpasir putih menunggu dibawa truk pengangkut sampah. Menurut seorang petugas Badan Penyelamat Wisata Tirta Balawista Kuta yang tak mau disebutkan namanya aksi bersih-bersih Kamis 7 April pagi telah melibatkan semua komponen.

Namun meski setiap hari dibersihkan tetap saja sampah kiriman dari laut yang dihembuskan angin barat, membuat petugas dan masyarakat berjibaku menanganinya.

"Banyak wisatawan yang menanyakan kok banyak sampah? setelah kita jelaskan, sampah berasal dari kiriman laut, bukan dihasilkan dari masyarakat di sini akhirnya mereka memahami," katanya.

Selain dikotori berbagai macam sampah plastik, keindahan pasir putih Pantai Kuta juga dikotori ranting, dahan, dan pohon berbagai jenis dengan beragam ukuran. Meski begitu, wisatawan tetap saja menikmati keindahan pantai baik berjemur, surfing maupun berenang.

"Sebenarnya terganggu sih, tetapi bagaimana lagi, sudah terlanjur di pantai ya mandi saja," kata Billy wisatawan asal Jakarta. Billy bersama lima orang temannya tengah mengisi liburan ke Kuta untuk selama lima hari guna menikmati indahnya pantai.

Dia mengaku baru pertama kali melihat sampah sebanyak itu, sebab sebelumnya saat berlibur ke Kuta, tidak melihat tumpukan sampah organik dan plastik di bibir pantai.

Hal senada dikatakan wisatawan asal Swedia Markus Ahlblom (21). Dia mengaku terganggu dengan banyaknya sampah di sekitar pantai. "Tetapi saya tetap menyukai pantai ini, saya tiga minggu berlibur di Bali sebelum melanjutkan liburan ke Australia," katanya sembari menenteng papan surfing.

Markus berharap petugas dan masyarakat segera membersihkan pantai dari sampah plastik agar keindahan pantai tetap terjaga. "Saya suka kalau pantai ini bersih," harapnya.

Sebelunmya, dimotori Satuan Tugas (Satgas) Pantai Kuta melakukan aksi bersih-bersih melibatkan para pedagang dan komponen lainnya. “Setiap hari kami sekuat tenaga membersihkan sampah di sekitar Pantai Kuta. Dan, ini akan terus kami lakukan, ” kata Ketua Satgas Pantai Kuta, I Gusti Ngurah Tresna.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More