Rabu, 04 November 2009

Populasi Ikan Besar di Karibia Menghilang

FLORIDA - Menghilangnya ikan hiu, barracuda, dan berbagai jenis ikan predator besar lainnya di sekitar terumbu karang perairan Karibia memiliki hubungan erat dengan peningkatan jumlah populasi manusia.

Chris Stallings, peneliti dari Florida State University Coastal and Marine Laboratory, membandingkan 20 spesies ikan predator yang yang hidup di sekitar terumbu karang di 22 negara bagian di kepulauan Karibia. Hasil penelitiannya ini kemudian dipublikasikan pada jurnal PLos One.

"Saya menyimpulkan bahwa negara dengan penduduk yang lebih padat memiliki sedikit jumlah ikan yang hidup di sekitar terumbu karang dan perairannya. Hal itu karena peningkatan jumlah penduduk akan berdampak pula pada peningkatan permintaan makanan laut dan semakin mendesak populasi ikan," ujar Stallings, seperti yang dikutip dari Red Orbit, Rabu (6/5/2009).

"Nelayan akan lebih tertarik memburu ikan-ikan besar, itu sebabnya jumlah mereka saat ini kian menyusut. Hasil studi saya menemukan bahwa di beberapa daerah dengan populasi penduduk yang padat, hanya tersisa ikan-ikan predator kecil di perairan mereka," tambahnya.

Stallings mengatakan konsekuensi dari menurunnya jumlah ikan besar sulit diprediksi karena kompleksnya permasalahan rantai makanan makhluk hidup di perairan dan terumbu karang. Namun yang jelas, menghilangnya salah satu populasi dalam siklus rantai makanan akan berdampak pada ketidakseimbangan ekosistem alam.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More