Rabu, 04 November 2009

Madagaskar Miliki 200 Spesies Amphibi Baru

MADAGASKAR - Ilmuwan temukan sebanyak 221 spesies amphibi baru di negara kepulauan Madagaskar. Jumlah spesies baru ini mengukuhkan Madagaskar sebagai surganya kekayaan alam dan keanekaragaman spesies yang hidup di dalamnya.

Salah satu spesies paling unik yang ditemukan di Madagaskar di antaranya adalah kodok bernama latin Boophis ulftunni. Penemuan ini rupanya menambah jumlah spesies amphibi di Madagaskar menjadi dua kali lipat dari hasil penelitian sebelumnya, demikian keterangan yang dikutip dari National Geographic, Kamis (7/5/2009).

Tim ilmuwan dari berbagai negara menemukan spesies baru ini setelah sebelumnya mengumpulkan 2.850 sampel spesies yang berasal dari 170 daerah, termasuk Madagaskar dan beberapa Taman Nasional. Studi ini memperkirakan bahwa keragaman amphibi daerah tropis di dunia tidak terkira jumlahnya.

"Orang berpikir bahwa mereka mengetahui segala jenis tanaman dan spesies hewan yang hidup di bumi," ujar Miguel Vences, dari Technical University of Braunschweig, Jerman.

"Namun pada dasarnya, semua penemuan yang muncul di abad ini hanyalah sebuah awal. Masih banyak makhluk hidup lain di luar sana yang menunggu untuk dapat kita temukan," tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More