Senin, 02 November 2009

Australia Tangani Kebocoran Minyak di Laut Timor

JAKARTA - Pemerintah Australia berupaya membatasi dampak tumpahan minyak dari sumur minyak Montara. Kebocoran minyak mentah terjadi sejak 21 Agustus dan mengarah ke Laut Timor.



Kedutaan Besar Australia di Jakarta menginformasikan kepada Pemerintah Indonesia setelah gambar dari satelit memperlihatkan pada 1 September bahwa gumpalan-gumpalan kecil minyak yang telah terurai telah masuk ke zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia.

Pada 28 Oktober, Menteri Lingkungan Hidup, Warisan dan Seni Australia, Peter Garrett, berbicara dengan Menteri Negara Lingkungan Hidup RI Gusti Muhammad Hatta, mengenai tumpahan minyak Montara.

"Prioritasnya adalah untuk meminimalisasikan dampak tumpahan minyak pada lingkungan hidup. Bagian terbesar dari tumpahan minyak terdapat di perairan Australia di suatu area di dekat sumur minyak Montara. Tindakan pembersihan besar-besaran sedang berlangsung dengan menerapkan pengurai dan melakukan operasi pengendalian dan pemulihan dengan menggunakan boom dan skimmer," demikian isi siaran pers yang diterima okezone, Senin (2/11/2009).

Ditambahkan, gumpalan minyak yang telah terurai teramati pada 21 September, sekira 94 kilometer sebelah tenggara Pulau Roti. Berdasarkan pengamatan udara, mengindikasikan gumpalan yang terdapat di ZEE Indonesia utamanya adalah lapisan minyak. Bagian utama tumpahan minyak kini berada lebih dari 248 kilometer dari garis pantai Indonesia.

Lapisan minyak (sheen) tampak berwarna perak dan biasanya berketebalan sekitar 0,0001 mm. Ini tidak menyebabkan bahaya lingkungan di garis pantai namun dapat membahayakan kehidupan burung. Otoritas Keselamatan Maritim AustraliaIndonesia tidak menimbulkan ancaman signifikan terhadap lingkungan laut.

Para pejabat Indonesia berkunjung ke Darwin pada 30 September-2 Oktober untuk mengamati secara langsung tanggapan seksama Australia terhadap kebocoran sumur minyak dan gas Montara. Para pejabat ini juga melakukan penerbangan di atas area tersebut.
(AMSA) menilai bahwa jenis dan jumlah minyak yang teramati di ZEE

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More