Kamis, 05 November 2009

IMF: Tingkat Pengangguran Belum Akan Naik Lagi

ISTANBUL - Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan tingkat pengangguran di dunia tidak akan meningkat lagi setidaknya untuk 8-12 bulan ke depan karena adanya pemulihan ekonomi.

"Itu akan mulai dari sekarang di semua negara, setidaknya untuk 8-12 bulan ke depan sebelum pada akhirnya tingkat pengangguran mulai berkurang," tukas Managing Director IMF Dominique Strauss-Kahn saat jumpa pers pada malam pertemuan IMF dan Bank Dunia di Istanbul, seperti dikutip dari AFP, Selasa (6/10/2009).

Strauss-Kahn menambahkan, di negara-negara maju, tingkat pengangguran pada puncaknya bisa terjadi dalam 10-12 bulan ke depan. Dia pun memperingatkan, angka pengangguran ini memperlambat pemulihan ekonomi dan tidak dapat berkurang dengan sangat cepat.

"Masalah terpentingnya, kita akan menghadapinya di tahun yang akan datang. Hal tersulitnya adalah memecahkan masalah di negara-negara berpenghasilan rendah dan beberapa negara-negara berkembang daripada di negara dengan ekonomi maju," katanya.

Selain itu, Strauss-Kahn mengatakan, masalah memerangi pengangguran sendiri ada dalam pembahasan puncak dari agenda pertemuan yang dilakukan oleh Komite Pembangunan, mewakili semua anggota 186 yang berbasis di Washington IMF dan Bank Dunia. Sebagian besar keputusan ini akan mempengaruhi arah strategis Bank Dunia.

Selain itu, dia menyerukan ke para anggota untuk meningkatkan sumber dayanya ke Bank Dunia sehingga dapat membantu negara-negara berkembang dan miskin untuk mengatasi pengangguran yang semakin meningkat.

"Apa yang bisa dilakukan Bank Dunia dan yang dilakukan IMF dapat memberikan negara-negara ini suatu hal yang benar-benar penting. Itulah sebabnya pertanyaan tentang sumber daya sangat penting," katanya.

Di sisi lain, IMF menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia untuk tahun depan dan memperingatkan pemulihan ekonomi akan berjalan lamban di banyak negara dan lapangan kerja akan terus meningkat.

Sesuai dengan laporan World Economic Outlook, IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi sebesar 3,1 persen pada 2010, meningkat dari perkiraan Juli yang sebesar 2,5 persen. Sementara untuk ekonomi global diperkirakan akan menyusut 1,1 persen tahun ini.

IMF pun memperkirakan, pengangguran di negara ekonomi maju akan meningkat menjadi 9,3 persen pada 2010 dari 8,2 persen tahun ini. Kendati demikian, hal itu tidak akan memberikan proyeksi pengangguran untuk jenis ekonomi lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More