Sabtu, 07 November 2009

2011, Lapan Bonceng India Luncurkan Satelit ORARI

JAKARTA - Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Adi Sadewo Salatun memastikan bahwa satelit ORARI (Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia) akan diluncurkan pada 2011.

Saat dikonfirmasi Okezone, Sabtu (7/11/2009), Adi menyebutkan peluncuran satelit ORARI harus menunggu hingga 2011 karena membonceng roket milik India.

"Satelit ORARI akan diluncurkan pada 2011 dengan membonceng roket yang diluncurkan India," kata Adi.

"Karena keterbatasan dana, roket kita belum bisa dipakai untuk meluncurkan satelit. Maka kita harus membonceng roket India yang diluncurkan pada tahun tersebut," kata Adi.

Selain alasan itu, Adi juga menyebutkan roket India yang akan diluncurkan pada 2011 tersebut akan mengelilingi equator pada 6 derajat inklinasi yang trayeknya persis melewati wilayah Indonesia.

Satelit ORARI dengan berat 60 Kg dan dilengkapi berbagai peralatan canggih ini memiliki fungsi sebagai satelit mitigasi bencana. Adapun biaya yang dikeluarkan untuk peluncuran satelit ini adalah Rp5 miliar.

Lapan bekerjasama dengan ORARI karena organisasi radio amatir tersebut selalu menjadi alat komunikasi alternatif dalam setiap peristiwa bencana besar di Indonesia.

Sebagai contoh, saat peristiwa tsunami di Aceh dan gempa di Padang, Sumatera Barat, ORARI menjadi satu-satunya alat komunikasi tetap mampu beroperasi dan mengabarkan setiap perkembangan yang terjadi.

"Satelit ORARI ini nantinya akan merelay sinyal ke sekira 70.000 anggota ORARI untuk saling berkomunikasi dan menyebarkan informasi saat bencana terjadi." tandas Adi.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More