Sabtu, 07 November 2009

Simulasikan Pendaratan di Bulan, Raih USD1 Juta

LOS ANGELES - Perusahaan berbasis di California dinyatakan sebagai pemenang dalam kompetisi desain pesawat luar angkasa dengan hadiah USD1 juta.
Masten Space System keluar sebagai jawara dalam kompetisi Northrop Grumman Lunar Lander X-Prize setelah menjalani beberapa tantangan di gurun pasir Mojave selama beberapa hari. Kompetisi ini dilakukan Yayasan X-Prize yang bekerja sama dengan NASA untuk mencari perangkat canggih yang didesain sedemikian rupa untuk bisa melakukan pendaratan di bulan.

Dilansir Yahoo Tech, Rabu (4/11/2009), seluruh tim yang ikut dalam kompetisi diharuskan untuk mengadakan simulasi peluncuran roket, dan harus bisa melakukan pendaratan di permukaan bulan buatan.

Roket simulasi tersebut setidaknya harus bisa terbang dengan ketinggian 50 meter, sebelum akhirnya bisa mendarat dengan selamat di landasan buatan yang mirip dengan permukaan bulan, dan minimal, roket tersebut harus bisa terbang selama 3 menit.

Sebelumnya Yayasan X-Prize juga mengadakan kompetisi serupa yang bekerja sama dengan Google. Kompetisi tersebut menawarkan hadian USD20 juta untuk mencari tim yang bisa mendaratkan robot ke bulan untuk mentransmisikan gambar dan data ke bumi.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More