Senin, 02 November 2009

Australia Lahirkan Bayi Gajah Asia Pertama

SYDNEY - Kebun binatang Australia kedatangan penghuni baru, yaitu seekor gajah Asia dengan berat 120 kilogram. Ini adalah kelahiran pertama gajah Asia di Australia yang menjadi langkah penting penyelamatan gajah Asia dari kepunahan.

Bayi gajah yang belum diberi nama ini lahir di kebun binatang Taronga Zoo, Sydney, dari pasangan gajah Thong Dee, yang sengaja dibawa pihak kebun binatang Australia dari Thailand pada 2006.

"Induk si bayi gajah sangat protektif, sehingga agak menyulitkan kami untuk ikut merawat bayi gajah itu," kata Direktur Taronga Zoo, Guy Cooper, seperti yang dikutip dari News Yahoo, Senin (6/7/2009).

Menurut Cooper, bayi gajah memperlihatkan tanda-tanda kelahiran yang sehat di antaranya karena si bayi gajah bisa langsung menyesuaikan berat badan tubuhnya tidak berapa lama setelah dilahirkan.

Dua gajah asal Thailand lainnya yang juga berada di Taronga Zoo, kini tengah dalam keadaan hamil dan diperkirakan akan segera melahirkan bayi gajah pada 2011. Hal ini tentu sangat menggembirakan pihak kebun binatang Australia karena kelahiran gajah Asia ini nantinya akan turut melestarikan gajah Asia dari kepunahan.

Gajah merupakan salah satu hewan yang menjadi bagian dari program pengembangbiakkan internasional. Tujuannya, untuk memelihara keanekaragaman genetik gajah Asia.

Spesies gajah Asia tercatat sebagai hewan yang hampir punah, dengan populasi hanya sekira 34.000 yang tersebar di Asia.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More