Sabtu, 07 November 2009

APEC Bakal Pertahankan Kebijakan Stimulus

SINGAPURA - Forum Kerja Sama Negara-negara Kawasan Asia Pasifik (APEC) berkomitmen mempertahankan kebijakan stimulus hingga dampak dari perlambatan ekonomi global bisa diredam.

Rencananya, komitmen ini akan disampaikan pada forum APEC yang berlangsung di Singapura 14-15 November mendatang.

"Kami akan mempertahankan kebijakan stimulus perekonomian kami, hingga pemulihan ekonomi betul-betul aman. Sebab pemulihan ekonomi (saat) ini belum berada pada pijakan yang kuat," catat data APEC seperti dikutip AFP di Singapura, akhir pekan ini.

Diketahui, guna meredam dampak perlambatan perekonomian global yang lebih buruk, negara-negara kawasan Asia Pasifik seperti Amerika Serikat, China, Jepang, dan Indonesia telah menggelontorkan belanja stimulusnya. AS, misalnya, telah menggelontorkan belanja stimulus tak kurang dari USD787 miliar dan diyakini telah mendorong penciptaan lapangan kerja 650.000 hingga satu juta lapangan kerja.

Kendati begitu, paket belanja stimulus negara-negara Asia diyakini lebih besar dari belanja stimulus AS, sehingga bisa tetap menjaga kondisi perekonomian kawasan ini jauh lebih baik disbanding AS maupun Eropa. Khusus paket belanja stimulus Asia, terbesar di antaranya dialokasikan oleh China sekurangnya USD585 miliar.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More